Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 35 likes
  • 2 comments

Week end is coming... Its time to explore the world! . . Location: Pasie Saka, Aceh #wisataaceh #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #aceh #beach #ocean #trip #travel #hikayatbanda #igtravel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 233 likes
  • 8 comments

Dermaga mulai kosong Stock foto mulai habis Haruskah berdoa agar langkah kaki kembali berdendang? . . #wonderfulindonesia #wisataaceh #lake #pesonaindonesia #harbor #gayo #trip #travel #hikayatbanda #travelblogger #igdaily #canon

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 250 likes
  • 18 comments

Beruntung! Bisa main main ke sini tanpa harus bayar uang masuk Rp 100.000 perorang! . Mandi bisa sepuasnya, kondisi sedikit sepi, dan serasa kolam pribadi. Belum lagi suasana sore menjelang magrib yang syahdu di seputaran tempat ini. . . Di tambah caffe latte hangat di tepian kolam. Amboi! Saya dan keluarga diajak ke sini oleh bang Bobby tepat di atas jam 5 sore, karena bila kamu masuk di bawah jam 5 sore, maka dikenakan charge 100ribu rupiah perorang. . . Begitulah, terkadang, kita tak terlalu perlu memaksakan diri datang di waktu waktu yang padat dan ramai. Mengalah sedikit, ambil di penghujung waktu, dan kita dapat semuanya. . Nggak perlu ngejar kekinian kalau akhirnya nyusahin diri. Ngalah aja dikit, toh bisa dapat maksimal. Begitulah.. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #bali #baliisland #wisatabali #garden #poolside #hikayatbanda #blogger #trip #travel #vacation #canon #igdaily #igtravel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 357 likes
  • 43 comments

Apa jadinya jika kamu terdampar di tempat seperti ini? . . Lautan terhampar luas membiru, samudra hindia. Pasir putih halus dan terlihat seperti gula yang berkilau kala tersinari mentari. Tak ada sinyal telekomunikasi. Tak banyak orang yang mampu masuk dan menggerayanginya. . . Mungkin, hanya kamu atau beberapa orang saja. Mungkin, malah tak bisa sama sekali. . Saya setuju, saat dikatakan jika tak semua tempat harus di ekspose sampai viral lalu ramai tak bertepi. Di sisi lain, terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. . Ya, apa yang akan kamu lakukan, kawan? . Location : pesisir barat Aceh #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #aceh #beach #three #trip #travel #story #blog #blogger #vacation #travelblogger #canon #lonelyplanet #hikayatbanda #igdaily #igtravel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 216 likes
  • 18 comments

Its Giveaway Time Guys! . . Hai teman-teman, Ayahku, penulis di blog www.hikayatbanda.com lagi mau bagi bagi sedikit hadiah, lho. . . Katanya, sebagai ucapan terima kasih dia buat kalian semua yg selama ini selalu bantuin dia dalam dunia Blog. . . Berhubung ayahku itu rada alay, dia pasti sedih kalau nanti nggak rame yang ikutan. Aku juga yang susah nanti kan? Bantuin dong.. Ikutan ya!!! . . Hadiahnya 1 pcs celana kain sarung Ija Kroeng 1 pcs Syal Gayo 2 pax kopi Arabica Gayo . . Syaratnya? Lihat di link bio ya! . . #giveaway #giveawaycontest #bali #baliisland #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #kids #trip #blog #travelblogger #travel #hikayatbanda #anniversary #anniversarygifts

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 270 likes
  • 8 comments

Woi! Udah mau minggu lagi! Nggak kemana mana gitu? Emang sih, bagi kamu yang kerja kantoran, minggu itu enaknya leyeh leyeh di rumah. . . Jalan jalan di hari week end kadang2 emang bikin simalakama. Banyak jalan di hari minggu atau sabtu maka senin akan jadi hari paling melelahkan. Jadi, gimana dong? . . Rihlah, itu penting. Terkadang belanja ke mall nyari sesuatu juga bikin asyik. Dan jangan lupain juga, nggak perlu jauh karena negeri ini indah bro. . . Tante ini ( @asahiasry ) pernah bilang, hidup memang udah begitu diri. Mau lahir dari campuran thionghua dan batak terkadang menghasilkan muka solo. Artinya, pintar2lah nikmatin liburanmu, kawan! . . #wonderfulindonesia #wisata #trip #travel #pesona #pesonaindonesia #nias #island #beachgirl #hikayatbanda #sumatra #blueocean #canon #igdaily #travelblogger

Adat | Seni | Wisata | Kuliner media on instagram
@potretgayo
  • 427 likes
  • 0 comments

- Mendung Pagi di Pantan Terong Suhu udara menusuk tulang rusuk, rasanya malas untuk beranjak dari kasur ukuran king size lengkap dengan selimut tebal nan lembut. Hujan deras semalam masih menyisakan bulir air di buah kopi arabika yang belum ranum. Ah, sial! Sesi mengejar matahari pagi harus tetap berlangsung. Di pagi ini? Di cuaca mendung? Di suhu dingin? . . Pekerja konten sosial, seolah tak peduli, sedangkan saya? Masih bernegosiasi dengan tubuh yang malas menyentuh air yang serasa bercampur es. . . Semua terlihat sibuk, harus bergerak atau tidak tinggal! Tak ada pilihan. Konsekuensinya jelas. Berani terima tawaran trip, artinya berani menerima semua resiko. Termasuk bergaya di udara pagi nan menggigil, lengkap dengan kabut, mendung, angin timur, dan tak mandi. Semua demi kebaikan konten di sosial media. . . Tak jadi mandi, hanya membasuh muka dan bagian yang berpotensi mengeluar bau tak sedap, saya bergegas. Menuju Pantan Terong! Begitulah, drama pagi dalam dari sebuah konten sederhana ini. Jangan tanya, siapa yang mandi pagi itu, lepas dari satu sesi, kami semua bergegas mencari secangkir kopi sanger. . . Karena hidup tanpa kopi, sedikit mendekati kegilaan. . . from @yudiranda In frame @johannessitorus . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonatakengon #wisataaceh #aceh #acehtengah #hikayatbanda #trip #travelblogger #travel #blog #blogger #cloud #sky #lake #igdaily #people #igdaily - #regrann

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 444 likes
  • 23 comments

Mendung Pagi di Pantan Terong Suhu udara menusuk tulang rusuk, rasanya malas untuk beranjak dari kasur ukuran king size lengkap dengan selimut tebal nan lembut. Hujan deras semalam masih menyisakan bulir air di buah kopi arabika yang belum ranum. Ah, sial! Sesi mengejar matahari pagi harus tetap berlangsung. Di pagi ini? Di cuaca mendung? Di suhu dingin? . . Pekerja konten sosial, seolah tak peduli, sedangkan saya? Masih bernegosiasi dengan tubuh yang malas menyentuh air yang serasa bercampur es. . . Semua terlihat sibuk, harus bergerak atau tidak tinggal! Tak ada pilihan. Konsekuensinya jelas. Berani terima tawaran trip, artinya berani menerima semua resiko. Termasuk bergaya di udara pagi nan menggigil, lengkap dengan kabut, mendung, angin timur, dan tak mandi. Semua demi kebaikan konten di sosial media. . . Tak jadi mandi, hanya membasuh muka dan bagian yang berpotensi mengeluar bau tak sedap, saya bergegas. Menuju Pantan Terong! Begitulah, drama pagi dalam dari sebuah konten sederhana ini. Jangan tanya, siapa yang mandi pagi itu, lepas dari satu sesi, kami semua bergegas mencari secangkir kopi sanger. . . Karena hidup tanpa kopi, sedikit mendekati kegilaan. . . In frame @johannessitorus . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonatakengon #wisataaceh #aceh #acehtengah #hikayatbanda #trip #travelblogger #travel #blog #blogger #cloud #sky #lake #igdaily #people #igdaily

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 28 likes
  • 3 comments

Akhir tahun, Bali adalah salah satu destinasi yang wajib di kunjungi. . . Jika kamu, menyukai tempat yang penuh keramaian, maka Pantai Legian, Bali adalah salah satu tujuan yang wajib kamu kunjungi. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #baliisland #legian #beach #canon #hikayatbanda #igdaily #vacation #travel #bali

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 535 likes
  • 29 comments

Menjajal ombak di kawasan Lampuuk kini, menjadi salah satu kebahagian tersendiri. Menjelang sunset, tua muda, pria wanita, semua bisa. . . Tapi siapa sangka, butuh waktu lebih dari 4 tahun untuk membangun kembali apa yang hilang di 14 tahun lalu. . . One day after christmas, 26/12/2004. The world has been shocked by the news from the north of Sumatra. Earthquake and Tsunami attack. With no mercy! No excuse and no option. . . Tapi hari ini? Tsunami menjadi sebuah pelajaran penting, paling tidak, Aceh harus lebih baik dan kembali menata hidup. Because, Show Must Go On! . . ,πŸ“· @adon_surfcafe In frame @finna_okta ( itu dikau bukan sih? ) . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #sunset #surfing #surfer #beach #gopro #hikayatbanda #blog #blogger #vacation #trip #travel #surf #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 250 likes
  • 2 comments

Will u marry me? . . Yaa anggap aja ini foto sebagai keinginan prewedding saya yg nggak kesampaian. Pengennya dulu bisa gini juga. Tapi ya sudahlah... . . Pertama kali ketemu istri dulu pas kerja di kantor riset Tsunami. Sebulan kerja, kita satu tim. Terus, "Mau nggak, kamu jadi pacarku?" . . Di jawab "Males pacaran nggak ada ujung, kalau berani nikahin sekalian! Gimana?" . . Saya jawab " Ya udahlah, yok.. tahun depan ya?" . . Perjalanan ke Tanah Lot ini diajak jalan sama @qemanaid . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #baliisland #sunset #tanahlot #bali #hikayatbanda #wedding #prewedding #couple #canon #canon πŸ“· #travel #trip #blog #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 291 likes
  • 13 comments

Bali, Bali, dan Bali selalu punya hal untuk dipelajari. Tentang bagaimana budaya, adat, agama, menjadi satu tolak ukur keberhasilan. suka tidak suka, Bali lebih dikenal daripada Indonesia itu sendiri. Bahkan terkadang,.jika ke Bali malah terasa seperti sedang di Luar Negeri. . . Tanah Lot, misalnya, saya kaget ketika melihat betapa ramainya para pengunjung (yang katanya musim sepi) dari Luar Negeri. cuma demi apa? demi liat sunset doang. hedeuh.. but, thats Bali.. with all the story! . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #bali #baliisland #tanahlot #sunset #hikayatbanda #blog #blogger #travel #trip #vacations #jalanjalan #igdaily #igtravel

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 43 likes
  • 2 comments

You are my sun You are my sunshine She was my litte girl. From now until.. . . #wonderfulindonesia #sunset πŸŒ… #sunset #siluet #bali #baliisland #hikayatbanda #travel #kid #blog #igdaily #beach #explore #indonesia #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 308 likes
  • 20 comments

Apa sih yang bikin kamu kangen sama Bali? . . Kalau saya, masih tentang pengelolaan tempat wisata dan pariwisatanya. Entah bagaimana, wisata dan budaya kehidupan masyarakat Bali bisa menyatu tanpa harus saling tabrak. Namun saling mengisi. Ini, keren, menurut saya. . . Kalau menurutmu? . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #bali #baliisland #hikayatbanda #travel #trip #travelphotography #travelblogger #blog #sunset #uluwatu #igdaily #positivevibes

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 247 likes
  • 2 comments

"Ayaah.. ikan.. ikan..ayaaah!" Jerit si kriwil dari pinggir pantai di siang yang mulai terik. . . Tergopoh gopoh saya menyongsongnya. Lalu mulai menjelaskan mengapa banyak ikan di pesisir laut pulau Tailana. . . Laut yang bersih, jernih, teduh, dan sunyi, membuat ikan nyaman menikmati alamnya. Ya... Paling tidak mampu membuat anak saya bahagia, hari itu. . . #wonderfulindonesia #wisataaceh #pesonaindonesia #banyakisland #hikayatbanda #trip #travelblogger #travel #travelgram #beach #kid #familytime #vacations #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 300 likes
  • 17 comments

β€œItu Tailana” ungkap bang sunarwin sembari terus memainkan kemudi boat kayunya. Sesekali, ia menancap gas sehingga membuat mesin meraung-raung ditengah lautan. Sesekali, ia memelankan laju boat. Takut-takut boat kecil yang berisikan 9 orang ini akan menghantam terumbu karang yang tersebar di hampir seluruh pulau yang kami lewati. . . Air laut yang hijau toska, rimbun nyiur yang membentang hampir seantero pulau. kilauan air laut yang disinari mentari. di beberapa sudut pulau, pasir-pasir laut sedikit kasar memberikan sensasi yang berbeda. pasir-pasir ini menimbulkan efek kilatan cahaya bak berlian yang memantulkan sinar sang surya. Saya terhipnotis seketika. Pantas saja banyak yang menyebutnya bak surga di ujung Sumatra. Begitu indah. . . Di pulau Tailana, menurut penuturan bang Sunarwin, pawang boat robin sekaligus guide dadakan famtrip pulau banyak, adalah pulau yang aman untuk mereka yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Lautnya dangkal, pasir putih, dan bersih dari sampah-sampah yang membahayakan anak-anak. Bila ada dana lebih, sesekali saya disarankan untuk merasakan sensasi tidur di cottage Nirvana Diving yang ada di pulau ini. . . Cerita lengkapnya ada di blog www.hikayatbanda.com judulnya "Pulau Tailana, Sensasi Liburan Keluarga Di Pulau Pribadi" . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #hikayatbanda #island #canon #canonphotography #trip #travelphotography #travel #blog #blogger #blueocean #blue #sea #beach #igdaily

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 35 likes
  • 1 comments

This is traditional village Bawomataluo or Sun Hill in local langguage. . . Photo by @ivanbuci #wonderfulindonesia #best #pesonaindonesia #niasisland #tradition #traditional #village #dji #landscape #travelblogger #travel #photo #adventuretime #hikayatbanda #blog

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 317 likes
  • 22 comments

Negeri Sendiri . . Beberapa hari lalu, saya dikomplain. Mungkin tepatnya disarankan, agar menuliskan tentang Aceh. Kampung saya sendiri. . . . Saya sempat bingung, ini serius yang nulis gitu ke saya? Apa masih kurang yg selama ini tersalin di blog ataupun di feed IG? . . Atau, jangan jangan dia nggak ngeh? Asal komen macam para netizen yg sering suka bertanya tp malas membaca. . . . Ya sudahlah, mungkin ada benarnya juga. Terkadang, kita lupa sama negeri sendiri. Tempat kita lahir dan dibesarkan bunda. Tempat berlindung di hari tua (lho? Kok malah nyanyi?) . . Saya suka kangen sama kampung halaman, apalagi jika sudah dapat dinas kelamaan di luar kota..lebay? Biarinlah. . . . . Ini udah jumat, masih pagi, udah akhir tahun, nggak ada rencana kemana gitu? Saya? Mungkin kalau cuaca bagus pengen main lagi ke danau ini, hanya sekedar duduk, minum kopi arabika. Di sini, di negeri sendiri. . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #lake #canon #trip #travelblogger #travel #trip #blog #blogger #travelgram #hikayatbanda #acehtengah #highlands #blue

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 460 likes
  • 23 comments

Proses, bukan sim salabim! . . Enak ya bang, jadi blogger, jalan jalan terus. Dibayarin, di endorse, di .. di.. di.. . . Seringkan dengar atau bertanya demikian? Hampir rata-rata dari kita akan menganggukkan kepala tanda setuju. Bukan sekali dua, blogger blogger kece sebangsa bang @wiranurmansyah @catperku @lostpacker @satyawinnie dan lainnya, dapat pertanyaan begitu. . . Tp pernahkah kita bertanya, "Bang, kak, sudah berapa lama main blog? Berapa lama belajar ngedit foto? Berapa banyak tabungan yang tergerus demi investasi di jalan jalan? Berapa kali tertipu oleh klien? Berapa kali dulu ngetrip hanya dibayar sealakadarnya? Berapa.. Berapa.. Berapa.." . . Jaman sekarang memang jaman instan. Mulai dari masak mie instan tinggal seduh, kalau bisa keberhasilan juga instan. Sayang, kita lupa, tak ada anak ayam yang menetas langsung bisa lari. . . In frame @salmanbiroe yang bela belain manjat ke sini dengan harus merelakan celananya basah, perutnya kejepit, terpaksa ditarik, lalu tetep pede bergaya di tengah danau. @fa_aula yang berusaha mengabadikan salman, sembari terus mengasah kemampuannya. . . Blogger tu, tampaknya aja enak enak di sosmed, di rumah, kain sarung lusuh satu, sempak koyak selusin, mie instan, semua jadi keseharian. Makanya kalau nemu hotel mevvah itu suka mager.. hihihi . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #aceh #lake #trip #travelblogger #travel #blog #blogger #story #hikayatbanda #canon #blue #travelgram #igdaily #ig #letsgosomewhere

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 299 likes
  • 4 comments

Rumah Adat Desa Bawomataluo tidak boleh di lewatkan jika kamu berada di kawasan Nias tepatnya Teluk Dalam. . . Rumah-rumah di desa tersebut merupakan rumah adat Nias yang masih kokoh dan terjaga kekhasannya tanpa perombakan modernisasi seperti rumah pada umumnya di zaman sekarang. . . Rumah adat Nias tersebut bahkan sudah memasuki berusia ratusan tahun dan masih ditempati oleh keturunan penduduk pertama desa tersebut. . . Memang, kini beberapa bangunan rumah ini ada yang sudah dimakan usia dan tak bisa diselamatkan dari serangan rayap. . . Sayang memang, namun mereka masih tetap berusaha membangun rumah modern dengan gaya dan model rumah yang sama dengan rumah lama mereka. . . Masyarakat desa memahami satu hal, desa adat mereka sangat mahal nilainya dan harus terjaga sepanjang hayat. . πŸ“· @febriwanharefa . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #village #trip #travel #traditional #village #travelgram #travelblogger #blogger #unesco #hikayatbanda #igdaily #blog

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 213 likes
  • 4 comments

Setiap masalah selalu ada solusinya. . . Bagi masyarakat Nias, Famadaya Harimao adalah salah satu solusi menurut kepercayaan masa lalu masyarakat Nias untuk tolak Bala. . . Inilah khasanah budaya yang berasal dari Tano Niha. Atraksi ini benar benar menarik. Patung harimau yang berat dan tinggi itu harus diangkat oleh belasan pemuda yang bertubuh "ehem". . Di sisi luarnya, ada beberapa pria, mulai dari yang muda sampai yang sedikit berumur berpakaian perang. Lengkap dengan pelindung leher, pedang dan tameng. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #culture #heritage #village #hikayatbanda #trip #travel #placestovisit #igdaily #igtravel #blog #travelblogger

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 31 likes
  • 0 comments

Preparing Famadaya Harimao! The orginal culture and traditional dance from Island . . . #wonderfulindonesia #trip #travel #dance #culture #tradition #traditional #authentic #hikayatbanda #blog #canon #igdaily #igtravel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 549 likes
  • 71 comments

Lompatan demi harga Diri! . . Fahombo Batu atau melompat batu tradisional Nias ini adalah sebagian dari budaya leluhur mereka (orang nias) yang masih terjaga sampai hari ini. . . Mungkin, sebagian kita percaya kalau ini adalah ritual "layak kawin". Padahal nggak gitu lho.. . . Ini, adalah budaya perang masa lalu yang masih bagus terjaga dengan baik. Suku suku di Nias dahulu suka berperang dan membangun tembok benteng yang rata2 tingginya 2 meter. . . Jadi, ini semacam wajib militer bagi pemuda2 Nias yang layak ikut berperang dan membela harkat serta martabat sukunya. Syaratnya, mereka harus bisa lompat batu. . . . . Mungkin, kebetulan, yang bisa melompat ini sudah dewasa dan terlihat gagah, jadi wajar kalau mereka akhirnya memberanikan diri melamar anak gadis tetangganya kan? #eh . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #traditional #culture #heritage #unesco #canon #hikayatbanda #trip #village #travel #travelblogger #igdaily #indonesia _travel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 361 likes
  • 37 comments

Boleh puas boleh nggak.. boleh kecewa boleh nggak. Tapi siapa yang bisa memperkirakan bagaimana sebuah ending perjalanan ? Nggak ada. . . Niat hati ngejar sunset di Nias, dapatnya ya cuma mendung dengan sedikit semburat senja. Tak mengapa, dari pada tak ada, kan? . . Beruntunglah ada si kakak duta wisata Nias. Yang entah bagaimana dia bersedia dijadiin bahan photo, duuuh makasih banyak ya kakak.. semoga dikau nggak jomblo dan dipinang segera yak!. Biarin mereka bilang maharmu mahal kak, mahal itu bagi mereka yang nggak berani membuktikan ungkapan cintanya padamu! . . Lha? Ini mau bahasa mahar atau sunset sih? Anggap saja sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Karena gadis nias, menduduki mahar termahal no 2 di Indonesia hehe . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #sunset #canonphotography #canon #travel #trip #hikayatbanda #blog #travelblogger #story #beach #igdaily #backlight #indonesiangirl

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 257 likes
  • 18 comments

Sudut Pandang. Beberapa anak pulau duduk berkumpul. Tak ketinggalan sepasang sejoli ini. Ketika saya ijin minta foto, mereka nyeletuk. "Apalah abang ni.. biasa2 aja pun diphotoin. Padahal diluar sana ada yang bagus." . . Anak anak pulau juga berkata hal yang sama. "Biasa ajalah bang, dari dulu nias ya memang begini" ungkap mereka berkali-kali. . . Ya, saya setuju. Biasa saja. Tentu bagi mereka yang lahir dan besar di tempat tersebut, maka semua keindahannya hanya menjadi biasa saja. . Namun, belum tentu bagi orang luar atau pendatang bukan? Indah tidak indah, eksotik tidak eksotik, menarik atau tidak menarik, semuanya tergantung sudut pandang kita bukan? . Saya, termasuk orang yang percaya, jika semua tempat di negeri ini, itu keren! Kamu? . . (Supported preset lightroom by @richotraveling ) . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonayaahowuniasfestival #hikayatbanda #trip #travel #village #traditional #vacation #igdaily #blog #blogger #culture

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 473 likes
  • 33 comments

Show must go on! . . Keraguan dalam setiap ingin melangkahkan kaki. Pasti ada. Setiap kita pasti ada pikiran demi pikiran yang menghalau. Bahkan membuat meragu. . . But, seperti yang dijargonkan oleh kawan kawan seperjalanan. . Take it or leave it. Karena show must go on. With or without you! . . Inilah cara mudah mengambil kesimpulan kapan beli sempak dan kapan harus pake koyo! . . πŸ“·@yudha.pradhana . . #pesonadanausentarumfestival #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #nias #sunset #canon #travel #trip #hikayatbanda #travelblogger #blog #blogger #igdaily #igtravel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 420 likes
  • 17 comments

Just enjoy the show Siapa yang pernah mengira apa yang akan terjadi ketika melakukan perjalanan? Hampir tak ada yang tahu kemana kaki melangkah, apa yang akan terjadi, dan bagaimana endingnya. . . Boleh setuju, boleh tidak. Paling tidak, apa yang terjadi beberapa hari lalu, begitulah adanya beberapa hari lalu kala berangkat ke Pulau Nias. . . Teman-teman di Aceh mengatakan banyak hal tentang Nias. Terutama akan sulitnya makanan halal. . . Pada kenyataannya? Ya, sedikit sulit, namun tak sesulit yg dibayangkan. Masjidnya gede, rapi, bersih. Makanan padang ada di setiap sudut. Nias, menurut beberapa penuturan masyarakat setempat, kini jauh lebih baik. Entah itu prasarana maupun sarana pendukung lainnya. . . Akhirnya, just enjoy the show. Apa yang kamu takutkan belum tentu terjadi, bukan? . . #pesonayaahowuniasfestival #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #beach #blueocean #hikayatbanda #wisata #trip #travel #travelblogger #travelgram #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 322 likes
  • 11 comments

Bagi masyarakat Nias Selatan, pantai ini terlihat biasa saja. Tak berombak, Tak menantang, namun tidak bagi saya. β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € pantai ini, memang berbentuk teluk, tenang, nyaman, dan sedikit sunyi. Bukankah itu menjadi hal yang paling indah ketika kamu bener bener ingin menikmati pantai sambil memendam rindu. β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € sore, menjadi hal yang paling asyik. Kamu bisa sesuka hati mengambil sudut sambil menunggu sunset. β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € kapan ke Nias Selatan, guys? β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € location : Pantai Baholo,Nias Selatan. β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € .β €β €β €β €β €β €β €β €β € #pesonayaahowuniasfestival β €β €β €β €β €β €β €β €β € #wonderfulindonesia β €β €β €β €β €β €β €β €β € #pesonaindonesia β €β €β €β €β €β €β €β €β € #niasisland β €β €β €β €β €β €β €β €β € #beach β €β €β €β €β €β €β €β €β € #hikayatbanda β €β €β €β €β €β €β €β €β € #blueocean β €β €β €β €β €β €β €β €β € #canon β €β €β €β €β €β €β €β €β € #wisatanias #visitisland #igdaily #travel #trip #blogger

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 471 likes
  • 10 comments

Selamat Pagi, Selamat hari Senin dari Pantai Sorake,Nias Selatan. . . Pantai yang terkesan tak asyik untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga ini, ternyata menjadi salah satu Pantai Terbaik di Indonesia untuk para pecinta Surfing. . . Di bulan bulan tertentu, di sini akan rame banget turis asing, masa iya kamu duduk di rumah aja? (Eh) . . Foto by @yudha.pradhana In frame : @angtekkhun1 . . #pesonayaahowuniasfestival #wonderfulindonesia #beach #pesonaindonesia #sunrise #hikayatbanda #blog #blogger #trip #igdaily #travel #nias #canon #travelgram

Muhrain media on instagram
@muhrain_a1
  • 24 likes
  • 9 comments

Alhamdulillah terima kasih Pemerintah Kota Banda Aceh atas kepercayaan Anugerah Pariwisata Kategori Menulis Pariwisata a.n. Muhammad, M. Pd semoga bermakna bagi perkembangan Pariwisata Aceh khususnya Banda Aceh. Aamiin. Terima kasih Bapak walikota Banda Aceh @h.aminullah_usman dan Bapak Wakil walikota Banda Aceh Zainal #piasanseni #bandaaceh #wisatabandaaceh #bandaacehgemilang #bandaacehtourism #hikayatbanda #bandaaceh #kotabandaaceh #acehtourism #bandaacehfood

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 36 likes
  • 2 comments

The last but not the least, the photo about sentarum maybe can stop here. But, the story just beginning. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #travel #trip #blog #canon #hikayatbanda #igdaily #blogger #travelblogger #skyblue #borneo

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 33 likes
  • 1 comments

Run.. my buddy run.. Never stop until the sunset is coming. . . Until today, this trip is the best part of my life.. . . See u again, Sentarum! . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #trip #travelblogger #travel #hikayatbanda #blogger #lake #nationalpark #borneo

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 22 likes
  • 0 comments

His name is Toni His is "Penambang" at Sentarum Lake. . . Penambang is unique occupation. When the lake dries, they replace the boat with a motor bike. But the job, its still same. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #trip #travel #hikayatbanda #lake #canon #igdaily #boat #borneo #igtravel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 487 likes
  • 15 comments

Sedari kemarin, teman-trman di Aceh membahas perjalanan ke Pulau banyak. . . Lalu terpikir dan teringat, ah, ternyata udah lama juga nggak ke sana. Perjalanan 16 jam dari banda Aceh - Singkil. Disambung 4 jam menyeberang samudra hindia dari Singkil ke Pulau Banyak. . . Lama, lelah, dan menegangkan. Tapi, semuanya terbayar tunai! . Location : Tailana Island, Singkil, Aceh - Indonesia . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonaaceh #wisataaceh #island #hikayatbanda #banyakisland #island #blueocean #trip #travelblogger #blog #blogger #travel #igdaily

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 31 likes
  • 1 comments

Live in on boat Riuh senyap di hulu kapuas, membuat pemandangan yang kontras. Hutan, sungai, dan kehidupan manusia. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonaindonesia #borneo #canon #trip #travel #travelblogger #blog #blogger #boat #river #hikayatbanda #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 438 likes
  • 28 comments

Kalau di Kalimantan ada danau sentarum lengkap dengan flora dan fauna khas-nya, maka di Aceh ada rawa singkil yang menjadi suaka marga satwa sekaligus kawasan Ekosistem Leuser. . . Ada apa sih di sini? Mengapa tidak cari tahu dengan membuka hikayatbanda.com? (Hihihi) . . Salah satu kekayaan alam yang ditawarkan oleh suaka margasatwa Rawa Singkil selain bentang alam adalah satwa endemik sumatra, seperti Orangutan Sumatra. Atau, kamu bisa menemukan angrek pensil yang kala berbunga akan menjadikan rasa ini bak Taman Bunga! . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #swamp #nature #nationalpark #hikayatbanda #travel #blog #blogger #igdaily #aceh #acehsingkil #canon

Blogger | Yudi Randa media on instagram
@hikayatbanda
  • 17 likes
  • 2 comments

Danau yang dikelilingi oleh Pegunungan Muller di sebelah timur, Dataran Tinggi Madi di sebelah selatan dan Pegunungan Kalingkang di sebelah barat. Memiliki luas total kira-kira 6500 m2. Menariknya, hamparan danau ini, akan bisa dijelajahi dengan menggunakan sepeda motor kala musim kering. . . Biasanya, sekitar bulan Juli sampai September, kamu bisa memacu motormu di dasar danau. Dan bulan-bulan selanjutnya, dia akan tergenang lalu, woyla! Jadilah danau yang penuh daya pikat ini. itulah, mengapa ia disebutΒ wetlands. . . Cerita lengkapnya ada di link bio . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #kalimantan #travel #travelblogger #lake #canon #hikayatbanda #blogger #igdaily #nationalpark

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 468 likes
  • 23 comments

Pantat ini, kebas. Tak ada rasa lagi. Mata berkunang-kunang. Jemari ini, mulai lincah meraba koyok di dalam tas pinggang yang lusuh. Lengkap sudah, pantat mati rasa, kepala cenat-cenut, tubuh berkeringat, mata kunang-kunang. Tapi semua ini, begitu menggairahkan! . . Rasa ini, seolah ingin melesak keluar dari dalam dada. . . Siang boleh meninggi, tapi hasrat hati makin bermelodi. . . Ah sudahlah, ini adalah salah satu pengalaman travelling paling keren dalam hidup saya! . Cerita lengkapnya ada di blog. Link di bio ya guys.. belum bisa swipe up hehe . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonadanausentarumfestival #lake #borneo #blog #travel #nature #igdaily #hikayatbanda #canon #nationalpark

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 357 likes
  • 11 comments

Danau yang di musim kering akan kering total ini, di kawasan danaunya terdapat beberapa pulau. . Mungkin, itu bukan pulau, melainkan bukit bukit yang berada di tengah-tengah danau. . Lalu, saat danau menjadi penuh dengan air, maka jadilah ia serupa pulau-pulau kecil. . . Ini diambil di pulau melayu, ada pulau sepandan, dan ada pulau Tekenang yang ada penduduk serta desa didalamnya. . . #festivalpesonadanausentarum #festivaldanausentarum2018 #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonadanausentarumfestival #hikayatbanda #blog #travel #travelgram #igdaily #lake #canon #borneo

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 382 likes
  • 19 comments

Ini, adalah penampakan secuil dari keindahan Danau Sentarum yang kini masuk sebagai salah satu cagar biosfer dunia. . . Selain tempatnya unik, karena di musim-musim tertentu, danau ini akan kering. Iya, kering! Kamu akan bisa mengendarai sepeda motor di dalam kawasan Danau. . . Di dalam kawasan ini juga, kamu bisa melakukan island hoping. Iya, seperti bermain di pulau pulau kecil yang ada di daerah laut. Di sini juga bisa! Ada banyak pulau didalamnya. Aah.. masih susah move on! . . Kapan, kamu ke sini? . #wonderfulindonesia #festivalpesonadanausentarum #pesonadanausentarum #pesonadanausentarumfestival #pesonafestivaldanausentarum #pesonadanausentarumkalbar #pesonaindonesia #hikayatbanda #blog #travelblogger #travel #trip #igdaily #borneo #lake #nature #canon #blogger

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 276 likes
  • 16 comments

Seru dan Unik! inilah hal yang bisa saya gambarkan ketika pertama kali sampai ke Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. . Salah satu keunikannya adalah, dia masih sama sama Waktu Indonesia Barat alias WIB. Tapi magribnya beda dengan Jakarta yang berada dipukul 18, atau Aceh yang berkisar dipukul 19. Nah, di sini, jam 17 cuy.. bisa lebih dikit dan bisa kurang! . . Capek keliling keliling Acara Festival Danau Sentarum, pas liat jam masih jam 18.00! shock men! biarin aja, kalian bilang saya katrok, kampungan, nggak paham, atau apalah! Lha, memang saya nggak pernah hihihi . . #festivalpesonadanausentarum #pesonadanausentarum #pesonadanausentarumfestival #pesonafestivaldanausentarum #pesonadanausentarumkalbar #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #airport #hikayatbanda #blog #travel #trip #borneo #kalimantan #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 314 likes
  • 9 comments

Pertama kali ke Pontianak itu tahun 2008 (kalau nggak salah ingat), kondisi bandaranya, aduh. β €β €β €β €β €β €β €β €β € Dan beberapa hari yang lalu ketika di ajak ke Danau Sentarum yang berada di #kalimantanbarat ini, bandaranya kece! dari bandara Pontianak saya harus terbang lagi ke Bandara Putussibau di kabupaten #kapuashulu . β €β €β €β €β €β €β €β €β € Dan, inilah salah satu pesawat yang melayaninya. Bahkan ada yang langsung dari/ke Jakarta. . . Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak menyambangi Taman Nasional Danau Sentarum yang aah.. ntar lah di posting lagi hehe. . . #festivalpesonadanausentarum #pesonadanausentarum #pesonadanausentarumfestival #pesonafestivaldanausentarum #pesonadanausentarumkalbar #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #hikayatbanda #blogger #travel #trip #airport #aircraft #igdaily

Komunitas Budaya Saman media on instagram
@komunitassaman
  • 201 likes
  • 4 comments

Dari @ragamgayoalas & @yudiranda Wajar, jika akhirnya Tari Saman menjadi warisan dunia non benda! . Hari menjelang siang, anak anak ini mulai sibuk merapatkan barisan. Duduk berjajar di atas tikar . Deru suara sungai, angin sejuk dari gunung Leuser, dan aroma kopi hitam yang harum. Mulailah mereka menarikan tarian kebanggaannya, Saman!. . Inilah Saman, dari generasi ke generasi. . . @komunitassaman @festivalsaman . @samdiah08 @fachridjal_h.selian @fahryselian94 #gayolues #kotacane #wisatagayo #takengon #benermeriah #ragamgayountukdunia #ragamgayoalasuntukdunia #komunitassaman #ragamgayountukdunia #ragamgayoalas #indonesia #aceh #saman #art #kids #dancer #hikayatbanda #gayolues #blog #tradition #travel #leuser #canon

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 283 likes
  • 10 comments

Taman Cinta untuk Puteri Pahang Jika di India ada Taj Mahal, Prasat Hin Phimai di Thailand, dan Inggris punya Kastil Stratford, maka di Aceh ada Gunongan, sebuah bangunan yang di dominasi warna putih. . . Bentuknya berundak-undak seperti pyramid. Bersegi sepuluh, dan diatasnya terlihat seperti sebuah kelopak bunga mekar. Seperti mekarnya cinta sang Sultan kepada permaisurinya. . . Ketika hendak memasuki Gunongan, saya harus sedikit menunduk karena langit-langitnya sedikit rendah. Filosofi pintu ini sebagai wujud rasa hormat sang tamu apabila hendak bertamu. Tak hanya pintu, dinding antar ruangan pun sempit sehingga hanya bisa dilalui oleh satu orang saja. Setelah menaiki anak tangga, sampailah saya di atas, hingga akhirnya bisa melihat seluruh isi taman Gunongan. . . Gunongan dibangun atas nama cinta yang begitu indah. Tanda cinta Sultan Iskandar Muda kepada Putri Kamaliah atau yang lebih dikenal dengan Putroe Phang (Putri Pahang) dari kerajaan Pahang. Seusai pernikahan, sang putri di boyong oleh Sultan ke Aceh. Namun, kerinduan sang putri akan negerinya membuat Sultan sedih. . . Akhirnya, Sultan memerintahkan kepada punggawa istana untuk membuatkan sebuah taman yang cantik, lengkap dengan gunungan yang kemudian disebut Gunongan! . . #wonderfulindonesia #heritage #story #history #historia #pesonaindonesia #pesonaaceh #wisataaceh #hikayatbanda #blog #travel #igdaily #travelblogger #instagram

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 337 likes
  • 6 comments

Ada yang bilang, ini benteng peninggalan Kerajaan Hindu-Budha di Aceh. Bisa jadi, mengingat namanya saja Benteng Indra Patra. . . Benteng ini juga pernah dipakai oleh Sultan Iskandar Muda untuk mengumpulkan logistik perang, sumber air bersih untuk angkatan Kapal Perang yang akan berperang di Selat Melaka melawan Portugis. . . Bentuknya unik, karena beberapa bentuk bangunan masih mencirikan hindu-budha. Tempatnya juga pas di tepi laut. Berlatar belakang Bukit barisan, rerumputan yang hijau, yang ketika musim panas datang ia akan menguning cantik. Mirip mirip dalam film kolosal era pertengahan. . . Jadi, selain menjadi jejak sejarah dan bangunan yang masuk cagar budaya, di sini kau juga bisa membuat foto-foto ala ala alay gitu. Tapi, siap siap kulit gosong ya?! Di sini kalau siang hari, puanas pol! Kan kasihan kulit putih nan sensitifmu.. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #fortress #heritage #history #igtravel #hikayatbanda #canon #blog #travel #blogger #igdaily #aceh #vacation

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 360 likes
  • 24 comments

Ada yang mau ikutan? mandi di sini kita?? Cuaca di banda Aceh lagi asyik-asyik untuk berendam di sini. . . Lokasi yang dikenal dengan nama Pucok Krueng Raba, Lhoknga, Aceh Besar - Indonesia ini, dahulunya sulit di akses karena kawasan konflik. Sekarang? Ya, ini menjadi destinasi menarik yang ada di Aceh besar. . . #green #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #river #cliff #hikayatbanda #blog #trip #travel #igdaily #canon #aceh

Nanda Rusmana (Bang Nan) media on instagram
@nandarusmana
  • 611 likes
  • 7 comments

Berawal dari mimpi seorang pemuda bernama Sengeda anak Raja Linge ke XIII. Sengeda bermimpi bertemu saudara kandungnya Bener Meria yang konon telah meninggal dunia karena pengkhianatan. Mimpi itu menggambarkan Bener Meria memberi petunjuk kepada Sengeda (adiknya), tentang kiat mendapatkan Gajah putih sekaligus cara meenggiringΒ GajahΒ tersebut untuk dibawa dan dipersembahakan kepada Sultan Aceh Darussalam. Adalah sang putri Sultan sangat berhasrat memiliki Gajah Putih tersebut. . . Begitulah cuplikan asal muasal tari Guel. Tarian yang asli dari suku Gayo terutama yang bermukim di Takengon, kabupaten Aceh Tengah Indonesia ini, pernah hilang ditelan masa, baru beberapa tahun silam kembali ditemukan dan kembali dilestarikan. . . Negeri yang tak hanya terkenal dengan nikmatnya kopi arabica ini ternyata juga menyimpan begitu banyak budaya dan khasanah kehidupan. . . Location : danau Lut Tawar, Aceh Tengah, Indonesia. By : @yudiranda . #ignusantara #heritage #dance #traditional #traditionaldance #culture #hikayatbanda #blog #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #gayo #travel #igdaily #aceh

Gayo Dalam Seribu Foto-Video media on instagram
@gayoseribubukit
  • 49 likes
  • 0 comments

Berawal dari mimpi seorang pemuda bernama Sengeda anak Raja Linge ke XIII. Sengeda bermimpi bertemu saudara kandungnya Bener Meria yang konon telah meninggal dunia karena pengkhianatan. Mimpi itu menggambarkan Bener Meria memberi petunjuk kepada Sengeda (adiknya), tentang kiat mendapatkan Gajah putih sekaligus cara meenggiringΒ GajahΒ tersebut untuk dibawa dan dipersembahakan kepada Sultan Aceh Darussalam. Adalah sang putri Sultan sangat berhasrat memiliki Gajah Putih tersebut. . . Begitulah cuplikan asal muasal tari Guel. Tarian yang asli dari suku Gayo terutama yang bermukim di Takengon, kabupaten Aceh Tengah Indonesia ini, pernah hilang ditelan masa, baru beberapa tahun silam kembali ditemukan dan kembali dilestarikan. . . Negeri yang tak hanya terkenal dengan nikmatnya kopi arabica ini ternyata juga menyimpan begitu banyak budaya dan khasanah kehidupan. . . Location : danau Lut Tawar, Aceh Tengah, Indonesia. . . #heritage #dance #traditional #traditionaldance #culture #hikayatbanda #blog #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #gayo #travel #igdaily #aceh ↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️↔️ ⏹️Ingin direpost juga??? ⏹️ πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ ⏹️Everything About Gayo ⏹️Follow : @gayoseribubukit ⏹️Tag : @gayoseribubukit ⏹️Hastag : #gayo1000bukit #takengon #gayolues #benermeriah #kutacane #tanohgayo

Gayo for everything media on instagram
@gayoetnis
  • 58 likes
  • 3 comments

@yudiranda - Wajar, jika akhirnya Tari Saman menjadi warisan dunia non benda! . . . Hari menjelang siang, anak anak ini mulai sibuk merapatkan barisan. Duduk berjajar di atas tikar. . . . Deru suara sungai, angin sejuk dari gunung Leuser, dan aroma kopi hitam yang harum. Mulailah mereka menarikan tarian kebanggaannya, Saman!. . . Inilah Saman, dari generasi ke generasi. . . . #indonesia #aceh #saman #art #kids #dancer #gayoetnis #hikayatbanda #gayolues #blog #tradition #travel #leuser #canon #canonm3

Gayo media on instagram
@etnisgayo
  • 2.4k likes
  • 5 comments

@yudiranda Berawal dari mimpi seorang pemuda bernama Sengeda anak Raja Linge ke XIII. Sengeda bermimpi bertemu saudara kandungnya Bener Meria yang konon telah meninggal dunia karena pengkhianatan. Mimpi itu menggambarkan Bener Meria memberi petunjuk kepada Sengeda (adiknya), tentang kiat mendapatkan Gajah putih sekaligus cara meenggiringΒ GajahΒ tersebut untuk dibawa dan dipersembahakan kepada Sultan Aceh Darussalam. Adalah sang putri Sultan sangat berhasrat memiliki Gajah Putih tersebut. . . Begitulah cuplikan asal muasal tari Guel. Tarian yang asli dari suku Gayo terutama yang bermukim di Takengon, kabupaten Aceh Tengah Indonesia ini, pernah hilang ditelan masa, baru beberapa tahun silam kembali ditemukan dan kembali dilestarikan. . . Negeri yang tak hanya terkenal dengan nikmatnya kopi arabica ini ternyata juga menyimpan begitu banyak budaya dan khasanah kehidupan. . . Location : danau Lut Tawar, Aceh Tengah, Indonesia. In frame @taufiq_gayo27 dan @almamadhyna . . #heritage #dance #traditional #traditionaldance #culture #hikayatbanda #blog #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #gayo #etnisgayo #travel #igdaily #aceh

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 519 likes
  • 30 comments

Berawal dari mimpi seorang pemuda bernama Sengeda anak Raja Linge ke XIII. Sengeda bermimpi bertemu saudara kandungnya Bener Meria yang konon telah meninggal dunia karena pengkhianatan. Mimpi itu menggambarkan Bener Meria memberi petunjuk kepada Sengeda (adiknya), tentang kiat mendapatkan Gajah putih sekaligus cara meenggiringΒ GajahΒ tersebut untuk dibawa dan dipersembahakan kepada Sultan Aceh Darussalam. Adalah sang putri Sultan sangat berhasrat memiliki Gajah Putih tersebut. . . Begitulah cuplikan asal muasal tari Guel. Tarian yang asli dari suku Gayo terutama yang bermukim di Takengon, kabupaten Aceh Tengah Indonesia ini, pernah hilang ditelan masa, baru beberapa tahun silam kembali ditemukan dan kembali dilestarikan. . . Negeri yang tak hanya terkenal dengan nikmatnya kopi arabica ini ternyata juga menyimpan begitu banyak budaya dan khasanah kehidupan. . . Location : danau Lut Tawar, Aceh Tengah, Indonesia. In frame @taufiq_gayo27 dan @almamadhyna . . #heritage #dance #traditional #traditionaldance #culture #hikayatbanda #blog #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #gayo #travel #igdaily #aceh

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 287 likes
  • 1 comments

Jaman masih sekolah dasar dulu, kalau di suruh gambar, pasti nggak jauh jauh dari komposisi; Gunung, langit biru, awam, areal sawah, sedikit jalan, dan satu dua pohon kelapa. Iyakan?? Ngaku?? . . Ya mirip-mirip gini kan? Terus kamu sekarang mau komen, "Bang, kok nggak ada orang atau object yang bergerak atau apalah gitu. Jangan kosong kali" . "Bro, bisa motret kayak gini aja saya sudah syukur! Secara teknis saya memang g bisa photografi. Di tambah lagi, ini lagi motret lagi dikejar-kejar panitia acara. Pahamlah dikit" . Ya begitulah adanya.. setiap photo ada cerita sendiri. Lalu, bagaimana gambar masa sekolah dasarmu, kawan? . . Location : Indrapuri, Aceh - Indonesia . . #blue #sky #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #pesonaaceh #hikayatbanda #blogger #travelblogger #travel #igdaily #aceh

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 343 likes
  • 17 comments

Sisa sisa kejayaan masa lalu yang kini berubah menjadi taman dan semak belukar. . . Yang tersisa dari benteng Indra Patra, Sebuah benteng yang pada masa kerajaan Sultan Iskandar Muda masih menguasai selat Melaka. . . Selamat datang ke negeri Rencong, Aceh! . . #heritage #fortress #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #aceh #hikayatbanda #blue #blog #travel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 377 likes
  • 32 comments

Kutuliskan kenangan tentang Caraku menemukan dirimu Tentang apa yang membuatku mudah Berikan hatiku padamu Takkan habis sejuta lagu Untuk menceritakan cantikmu Kan teramat panjang puisi Tuk menyuratkan cinta ini Telah habis sudah cinta ini Tak lagi tersisa untuk dunia Karena tlah kuhabiskan Sisa cintaku hanya untukmu Aku pernah berpikir tentang Hidupku tanpa ada dirimu Dapatkah lebih indah dari Yang kujalani sampai kini Aku slalu bermimpi tentang Indah hari tua bersamamu Tetap cantik rambut panjangmu Meskipun nanti tak hitam lagi Bila habis sudah waktu ini Tak lagi berpijak pada dunia Telah aku habiskan Sisa hidupku hanya untukmu Dan tlah habis sudah cinta ini Tak lagi tersisa untuk dunia Karena tlah kuhabiskan Sisa cintaku hanya untukmu Untukmu Hidup dan matiku Bila musim berganti Sampai waktu terhenti Walau dunia membenci Ku kan tetap disini ( Lirik lagu @virgoun_ judul : Surat Cinta untuk Starla) Location : Pantai Pulau Kapok, Aceh Besar, Indonesia Thanks for everything @yasminpuput . . #familytime #mom #hikayatbanda #blogger #travel #wonderfulindonesia #wisataaceh #igdaily #baby #canon #canonphotography

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 314 likes
  • 24 comments

Tetiba kangen sama Takengon, Aceh Tengah. Daerah yang dikenal dengan gurihnya kopi Gayo Arabica ini,ternyata tak hanya menyuguhkan keindahan danau Laut Tawar saja. Namun juga, menyimpan pemandangan air terjun yang luar biasa keren. . . Jadi spot foto yang #instagram able banget! Kalau nggak percaya coba tanya sama @omnduut . Dan ini, adalah pintu pembuka untuk menuju ke air terjun utama. Disuguhi aroma batang kopi #gayo yang khas, tingkah pola masyarakat setempat yang bersahaja. Pantaslah tanah Gayo ini menjadi destinasi tujuan kamu selanjutnya. . . Syariat islam? Guys, remember, Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung! Hargailah local wisdom setempat. . . Location : Mengaya waterfall, Aceh Tengah, Indonesia. . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #waterfall #gayo #travel #blog #blogger #nature #hikayatbanda #thelightofaceh #igdaily

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 303 likes
  • 11 comments

Hai Monday... You always came on time, never late! Jangan benci hari senin, karena hari senin adalah hari yang paling saya nantikan. . . Senin, adalah hari dimana engkau akan mudah mengurusi sesuatu. Senin, adalah, hari di mana engkau akan menyusun planning ke depan. Senin, adalah hari liburan yang paling menyenangnkan! . . Saya, paling senang liburan di hari senin. Selain sepi pengunjung, jalanan ke tempat wisata nggak macet, jarang ada pungli karena babangnya udah kenyang di hari minggu. Dan liburan di.hari senin itu rasanya ekslusif, apalagi cuma berdua sama.. ehem.. . Yuks jadinya senin sebagai hari liburan?! Hahaha . . Foto by: @fahri_joely Location : Teupah Barat district, Simeulue Island! . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #thelightofaceh #wisataaceh #blogger #travel #heritage #hellonusantara #hikayatbanda #blog #island #monday

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 283 likes
  • 9 comments

Liburan, vacation, travel, atau tamasya. Kini telah menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup masa kini. Anak-anak milenial menjadikannya style. . . Namun, akan lain ceritanya ketika perjalanan menjadi dilema. Lho kok dilema? Lha iya..bayangkan apa jadinya ketika kamu "terpaksa" mengunjungi tempat yg pernah kamu datangi dengan mantan? Alamaaak.. . Selamat liburan kawan! Buanglah mantan pada tempatnya. . . #bridge #forest #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #pesonaaceh #wisataaceh #travel #travelgram #hikayatbanda #blogger #sabang #sea

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 310 likes
  • 1 comments

Thanks God its Friday! Happy jumaah mubaraq. Happy weekend guys. . . Mau rencana liburan kemana kalian? Kalau ke Bali coba deh, hubungi @qemanaid . Worth it.. Tahun lalu ke Bali saya pake jasa dari usaha milik bang Bobby ini. Asyik! Apa lagi pas macet di Legian lalu dapat pemandangan.. ehem.. . . Sorry, ke bawa suasana tulisan. Ini #jumatberkah kan? Sekali lagi, selamat Jumat dan Weekend ya everybody. . . Location : masjid At Taqwa Kutacane, Aceh Tenggara - Indonesia . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #swag #igdaily #hikayatbanda #blogger #travelgram #mosque #tgif #vacations

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 376 likes
  • 22 comments

Awalnya saya masih tak percaya jika ini ada di Aceh. Iya, ini di Aceh, negera Indonesia. Bukan di New Zealand atau di Eropa. . . Memang belum sempurna tata kelolanya. Tapi bukan berarti dia tak bagus kan? . . Kangen banget pengen main ke sini lagi. Walaupun pungutan liarnya makin merajalela, dia tetap di hati. Macam kamu, yang sulit melupakan dia.. uhuk! . Location? Masih sama dengan yang sebelumnya. Krueng Raya . . #wonderfulindonesia #wisataaceh #aceh #pesonaindonesia #pesonaaceh #swag #beautiful #mobilephotography #hikayatbanda #travelblogger #travelgram #blogger #lightroom

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 252 likes
  • 17 comments

Anyone need vacation??? Liburan tipis-tipis memang perlu. Karena bisa bikin lo jauh dari penat dan masalah mantan walau sesaat. . . Di sini, jangan ingat mantan, bahaya! Dan, rugi banget! Langit biru, laut biru campur toska, dinding tebing warna putih. Kurang apa coba? Mantan? Udah, buang di sini aja. Aman kok! . . Location : Pantai Ujong Batee Puteh, Krueng Raya, Aceh Besar - Indonesia . . #travel #wonderfulindonesia #amazing #pesonaindonesia #wisataaceh #beach #blueocean #blogger #hikayatbanda #travelgram

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 252 likes
  • 10 comments

Let Share your story.. When last time you travel with your family? Where you go? . . Jangan tanya saya.. Ini foto hampir dua tahun lalu. Dan momen seperti ini langka banget. Maka dari itu, sesekali, ajaklah keluargamu jalan jalan bersama. Karena, selain menyenangkan mereka, hubunganmu dengan kekasih hati pasti akan lebih harmonis. Ehem.. . . So, nabunglah dan jalan-jalanlah! Indonesia itu keren. Nggak perlu jauh, kadang-kadang, kampung halamanmu juga keren kok! . . πŸ“·@makmurdimila Location : pantai bakongan, Aceh Selatan - Indonesia . . #wonderfulindonesia #pesonaindonesia #wisataaceh #aceh #pesonaaceh #enjoy #travel #travelblogger #familytime #hikayatbanda #blogger

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 299 likes
  • 27 comments

Apa yang paling kamu sesali ketika travelling selesai? Terutama ketika berhasil mengunjungi tempat2 yang belum tentu bisa terulang kedua kalinya? Lupa bawa kamera? Lupa bawa baju ganti? Atau? Kalau saya, selalu menyesali kemalasan saya dalam memgambil foto. Memang bukan photografer, paling ya fotolah. . . Misalnya foto ini, ini adalah hot spring alami yang berada di kawasan Ekosistem Leuser tepatnya di desa Ekowisata Ketambe, Aceh - Indonesia. Tempatnya asyik. Sumpah! . Di sini, kamu akan menikmati air panas alami, di tengah hutan, dan langsung di tengah sungai yg airnya dari gunung Leuser. Hooh, macam di onsen-onsen lux di Jepang!. . Yg saya sesali adalah, karena tracking ke sini makan waktu sampai 2 jam. Saya kecapean! Lalu motret ngasal. Sekarang baru nyesal pas liat, ini foto kenapa g ada objeknya yaaaaaaaaaaaa..minimal sempak terjemur kek.. apa kek.. bule berjemur kek.. apalah.. . Kalau kamu? Apa? . . #wonderfulindonesia #hellonusantara #pesonaindonesia #wisataaceh #pesonaaceh #leuser #hotspring #travelblogger #hikayatbanda #vacation #naturephotography #adventure #ketambe #ecotourism

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 203 likes
  • 19 comments

Bakongan, yang menjadi bagian dari kabupaten Aceh Selatan ini, adalah salah satu kawasan yang masuk Kawasan Ekosistem Leuser. . Di sini, juga terkena impact Tsunami Aceh 2004 lalu. Butuh waktu beberapa tahun untuk kembali pulih dan normal. Tidak mudah memang, dan kini, jalan sudah bagus, jembatan serta infrastruktur terbangun baik. Yang dibutuhkan adalah support multi pihak. . Kawasan yang bisa menjadi tempat hunting sunset sekaligus melihat satwa liar. Dan, inilah salah satu keindahan dari wisata Aceh Selatan. . . #wisataaceh #wonderfulindonesia #eksploreindonesia #aceh #hikayatbanda #travelblogger #vacation #acehselatan #pesonaindonesia

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 358 likes
  • 41 comments

Ngomongin Aceh memang nggak ada habisnya. Selalu ada hal baru yang menjadi pembicaraan di media sosial. . Tapi, Aceh adalah Aceh. Di mana langit biru, laut toska, bunga karang yang menganga, dan pasir putih yang terhempas! . Kopi menjadi idola Kriting menjadi idaman. Dan kami, selalu menanti kabar gembira dari seluruh pelosok negeri! . . πŸ“·@satyawinnie . . #wisataaceh #exploreaceh #travel #vacation #wonderfulindonesia #hellonusantara #hikayatbanda #aceh #beach #kids

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 217 likes
  • 16 comments

Terkadang, kita hanya butuh yang sederhana. Benar-benar sederhana! Tak banyak blink-blink Tak banyak aturan Tak banyak kisah Tak banyak patokan Benar-benar sederhana. . . Banyak dari kita yang lupa, bahwa hidup memang diciptakan untuk disederhanakan. Lapar, ya makan. Tak ada ikan, makan pakai telur. Telur mahal, makan pakai rengginang. Begitulah. Sederhana. . . Laut di Pulau Banyak #acehsingkil juga sangat amat sederhana. Untuk menyeberang engkau harus habiskan waktu 4 jam. Terkadang sinyal dan angin laut saingan. Lalu ombak dan badai berlomba siapa yang lebih mahsyur. . . Masyarakat yang sederhana, menjadikan tempatnya yg sederhana. Lalu, engkau juga akan merasakan betapa bahagia merasa jadi orang yang sederhana. Tanpa starbu**, tanpa Mall, tanpa hiasan tanpa lukisan (lagu ahmad albar dong?) . . #indonesia #aceh #beach #island #simple #blue #hikayatbanda #wisataaceh #banyakisland #travel

Yudi Randa || TRAVEL BLOGGER πŸ“ media on instagram
@yudiranda
  • 254 likes
  • 65 comments

Biar orang luar bilang, kami orang Aceh kurang hiburan. Biar orang bilang, kami di Aceh nggak ada starbuck. Biar orang bilang, kami orang Aceh susah nonton film bagus. . . . Tak Mengapa. Kami cukup di sini, berlarian tanpa henti. Menikmati pasir putih ciptaan Ilahi . . Kami cukup di sini, dengan sajian kopi terbaik dari negeri sendiri . . Kami cukup di sini, berkreasi sampai mati! . . In frame : my little girl Foto by : @satyawinnie . #indonesia #aceh #wisataaceh #beach #kids #acehbesar #hikayatbanda #pantai